Pemerintah Desa Cebolek Kidul Salurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa Tahun Anggaran 2022

  • Feb 22, 2023
  • CEBOLEKKIDUL-MARGOYOSO
  • BERITA, DANA DESA, KEGIATAN

Cebolek Kidul (24/5/2022), Bantuan langsung tunai melalui dana desa (BLT-DD) adalah salah satu bantuan yang diberikan kepada warga desa dalam upaya menekan dampak pandemi Covid-19 bagi warga yang kurang mampu dan belum menerima bantuan dari pusat.Pemerintah Desa Cebolek Kidul menyalurkan BLT-DD kepada 107 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) bertempat di balaidesa Cebolek Kidul pada hari selasa ,24 Mei 2022.

Bantuan ini deserahkan langsung oleh Kepala Desa Cebolek Kidul Bapak Susanto berama perangkat desa-perangkat desa. Pembagian BLT-DD juga di hadiri oleh Babinsa dan Babinkamtibmas Desa Cebolek Kidul.

Sekretaris Desa Cebolek Kidul,bapak Eko Budi Utomo menjelaskan bahwa Bantuan Langsung Tunai dibagikan setiap bulan sekali sejumlah Rp. 300.000,00. Penyaluran bantuan ini dilakukan setelah dana desa termasuk di dalamnya dana BLT setiap triwulan.Namun penyaluran dan pendokumentasian penerimaan BLT kepada KPM dilaksanakan setiap satu bulan sekali.

Bapak Eko menuturkan bahwa dalam hal rangkaian proses penyaluran BLT,pihak desa terlebih dahulu melakukan berbagai tahapan dan pertimbangan. Perangkat desa bersama ketua RT dan RW terjun langsung ke masyarakat untuk mendeteksi langsung keadaan warga. Pertimbangan untuk BLT ini bukan hanya melihat bentuk fisik bangunan rumah,tetapi dari segi penghasilan dan kondisi warga,misalnya ada warga yang menderita penyakit kronis menahun akan di prioritaskan untuk menerima BLT-DD. Setelah itu dilakukan penjaringan melalui usulan ketua RT dan masyarakat,di lanjutkan dengan Musdesus untuk menentukan calon penerima bantuan dari banyaknya usulan yang masuk. Untuk jumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) BLT-DD Desa Cebolek Kidul tahun anggaran 2022 adalah sebanyak 107 KPM dengan total anggaran Rp. 385.200.00,00 selama tahun 2022. (kk)