PELATIHAN SID TAHAP II

Perwakilan Perangkat desa yang menjadi Operator SID mengikuti kegiatan pelatihan Sistem Informasi Desa yang diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinpermasdes) Kabupaten Pati.  Di kecamatan Margoyoso yang menjadi perwakilan yaitu Desa Cebolek Kidul, Sekarjalak, Sidomukti, Purworejo, dan Pohijo.

“Dalam kegiatan ini penekanan pelatihan yaitu pada Pengelolaan Website dan Sistem Informasi Desa (Sipapat). Tutur Narasumber pada Pelatihan ini. saat memberikan pembukaan pada acara Pelatihan SID di Aula Dispermades Kabupaten Pati pada Senin, 12 OKtober 2020.

Ia menjelaskan setelah diberikan pengenalan terkait SID, kini perangkat desa dan Operator yang dilatih untuk mengisi konten pada SID. Para peserta pelatihan dilatih untuk membuat sebuah berita dan diajarkan cara mengolah data menggunakan aplikasi Sistem Informasi Desa dan Kawasan.

Para peserta diberikan pengetahuan terkait penulisan berita yang benar sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Para peserta harus bisa memunculkan potensi desa dari berita yang dibuatnya dengan mendasari fakta dan gambar sesuai dengan isi berita tersebut.

“Dalam artian sesuai kaidah sebuah berita bukan berita hoaks tapi memang berita mendasari fakta, juga mereka diajari bagaimana mengambil gambar karena berita tanpa gambar apalagi nanti itu akan diposting di website desa yang tidak hanya tulisan harapannya ada gambar,” ujar Narasumber dalam pelatihan ini.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan