Pemdes Cebolek Kidul Mendapat Bantuan Program IPAL Komunal

Pemerintah Desa Cebolek Kidul Mendapatkan Bantuan Program IPAL Komunal dari Pemerintah. Dalam kunjungannya salah satu Perwakilan dari Program yang berkerjasama dengan Pihak Jepang ini menegaskan bahwa Program ini dapat membantu memecahkan masalah limbah rumah tangga yang semakin tidak mendapatkan penanganan. Program yang akan dilaksanakan mulai bulan Agustus tahun ini, diharapkan memberikan manfaat bagi masyarakat.

IPAL atau Instalasi Pengolahan Air Limbah adalah sarana untuk mengolah limbah cair (limbah dari WC, dari air cuci/kamar mandi). Yang akrab bagi  masyarakat adalah IPAL untuk limbah WC lebih dikenal dengan sebutan septik tank. IPAL yang dibangun digunakan bersama-sama atau komunal. Komponen IPAL Komunal terdiri dari unit pengolah limbah, jaringan perpipaan (bak kontrol & lubang perawatan) dan sambungan rumah tangga.  Unit pengolah limbah ada yang terletak jauh dari lokasi warga pengguna IPAL Komunal ada juga yang berlokasi di lokasi pemukiman warga.

Air limbah atau air buangan tidak bisa dibuang begitu saja, seperti halnya limbah padat atau sampah yang juga tidak bisa dibuang sembarangan. Meskipun kelihatannya air limbah bisa langsung meresap ke dalam tanah atau mengalir di sungai, air limbah rumah tangga sebenarnya juga merupakan limbah yang merusak lingkungan hidup.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan