Koordinasi Kelompok Tani: Ujung tombak kemajuan Petani

Kelompok Tani merupakan wadah yang dapat dipakai petani sebagai tempat untuk mendiskusikan, membahas dan memberikan pengalamannya/ permasalahan terkait pertanian. Misalnya terkait serangan hama walang sangit, sehingga hasil panen padi tidak sesuai harapan.Seperti yang disampaikan Ketua Kelompok “Kalau sudah dimakan empangau (walang sangit), produksi akan turun tidak sesuai harapan kami, dan berharap melalui kelompok tani ini bisa di pecahkan terkait penanganannya”.

Walang sangit menyerang tanaman padi yang sudah bermalai dan memakan bulir padi muda. Akibatnya, banyak malai yang rusak dan bulir padi kosong.

Kata Bapak Kepala Desa, beliau menghimbau dapat memanfaatkan wadah kelompok tani ini sebagai wadah koordinasi terkait penanganan dan pencegahan hawa, misalnya mengadakan pengemprotan secara serentak dan bersama, sehingga hawa tidak lagi berpindah dari satu petak sawah kepetak sawah yang lain.

Selain itu koordinasi kelompok tani menjadi sangat penting dalam upaya mengetahui kebutuhan dan kepentingan kelompok secara umum, sehingga kelompok tani dapat membuat rencana kerja dan langkah mencapai tujuan dari anggota.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan